• March 2009
    M T W T F S S
        Aug »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Pages


 
 PANGKALPINANG COMMUNITY HOSPITAL by Achmad Irsan Iqbal

Hybrid Design, Integration of Additional Facilities into Hospital Design with Win-Win Solusion Approach both for Functional of Hospital  and Society

 

ABSTRAK

 

Proses perkembangan sebuah kota pasti dibarengi dengan kemunculan beragam permasalahan, mulai dari tuntutan kebutuhan dan gaya hidup masyarakatnya hingga prosedural kepemerintahan yang semakin lama semakin membutuhkan perhatian ekstra. Berbicara masalah gaya hidup dan tuntutan kebutuhan pasti kita tidak akan pernah lepas dari topik kualitas hidup sehat yang selalu menjadi impian baik bagi tiap-tiap individunya maupun dalam konteks kemasyarakatan serta ketersediaan wadah untuk pencapaian tujuan tersebut. Sehingga muncullah fasilitas rumah sakit yang seakan-akan hadir sebagai guardian angel yang selalu siap memberikan solusi untuk masalah kesehatan. Namun apakah indikator sehat atau tidaknya itu hanya terukur dari keberhasilan memproteksi diri dari penyakit atau sukses sembuh dari suatu penyakit saja?

Ternyata tidak, kualitas kesehatan seseorang akan semakin meningkat ketika ia mampu mensinergikan antara kebutuhan rohani dan jasmaninya sebagai makhluk individu dengan lingkungan sekitar dan manusia lainnya sebagai makhluk sosial, dalam hal ini kebutuhan akan berinteraksi antar sesama sangatlah penting.

Secara umum selama ini yang terjadi sangat kontradiktif dimana Rumah Sakit yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan malah menjadi tempat yang jauh dari suasana tersebut belum lagi dengan sistematika pelayanan yang kadang terlalu protokoler , bau obat di sana-sini, hiruk-pikuk pasien, dan lain-lainnya. Apalagi untuk Rumah sakit tipe B, atmosfir semacan itu begitu kental terasa. Apakah mungkin ini karena nama fasilitas tersebut dinamakan Rumah Sakit? Jadi yang semuanya yang ada di sana seputaran penyakit melulu. Kenapa diluar negeri dinamakan Hospital berasal dari kata Hospitality yang dalam penerjemahan bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu keramah tamahan?.

Maka untuk menjawab tantangan tersebut dikembangkanlah suatu desain Hybrid dengan pendekatan win-win solution yang dapat mewadahi beragam kebutuhan yang berkaitan dengan kualitas kesehatan fisik maupun psikologis, serta memberikan solusi dalam konteks ekonomi bagi masyarakat sosial sekitar, agar tercipta semacam keseimbangan antara Rumah Sakit sebagai bangunan induk dan fasilitas tambahan sebagai pendukung fungsionalnya tanpa mengacuhkan keberadaan masyarakat sosial sekitar . Yang pada akhirnya diharapkan dapat mengubah citra Rumah Sakit konvensional seperti sekarang ini menjadi sebuah fasilitas pelayanan kesehatan multifungsi yang lebih modern.

 

‘ NOT NEED TO BE ILL TO ACCES HOSPITAL, BECAUSE  MODERN HOSPITAL DESIGN IS FOR FUN “

Leave a Reply

*

Packaged by Edublogs - education blogs.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer